UNIK

Translate

Ritual Mantu Kucing Minta Hujan ala Banyuwangi



Banyak tradisi untuk meminta hujan kepada Sang Pencipta ketika musim kemarau panjang tak juga berlalu. Salah satu tradisi upaya meminta hujan kepada Sang Pencipta adalah dengan menikahkan kucing.

Tradisi mantu kucing ini merupakan bagian dari ritual meminta hujan kepada Sang Pencipta. Masyarakat Desa Kumendung, Banyuwangi, Jawa Timur telah melakukan tradisi ini secara turun-temurun.

Tradisi mantu kucing dilaksanakan layaknya seperti menjelang pesta perkawinan manusia. Segala persiapan dilakukan termasuk ada hiasan janur dan tak lupa iringan musik rebana. Musik ini mengantar iring-iringan pengantin menuju ke sumber mata air Mbah Kopek. Setelah sampai di sumber air, kurungan kucing dibuka dan diceburkan ke dalam kolam bersama-sama dengan para peserta iring-iringan.

Sumber air Mbak Kopek oleh warga dianggap kramat. Maka setiap diadakan ritual mandi bersama, selalu ada peserta yang kesurupan.

Acara mantu kucing berakhir dengan ritual mandi bersama di salah satu kolam sumber mata air. Harapan warga, setelah usai ritual mantu kucing, hujan segera akan tiba.



sumber-http://bldirgantara.blogspot.com/2011/11/ritual-mantu-kucing-minta-hujan-ala.html

GABUNG Halaman Facebook saya                    Info Menarik KKK Blogger's
Dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...