UNIK

Translate

Mau gaji tinggi setelah lulus? Pilih jurusan ini!

Ujian Nasional murid SMA dan sederajat masih berlangsung. Namun siswa SMA sudah sibuk merencanakan program studi atau jurusan apa yang akan mereka jalani di perguruan tinggi nanti. Sebuah situs referensi skala gaji, payscale bisa menjadi acuan calon mahasiswa sebelum mendaftar perguruan tinggi.
Ada 10 jurusan dengan prospek penghasilan tinggi, di antaranya teknik perminyakan, teknik kimia, fakultas MIPA, ilmu komputer, dan teknik penerbangan. Berdasarkan payscale.com, lulusan ilmu komputer menempati urutan ke-9 jurusan berprospek mendapatkan penghasilan tinggi. Kebutuhan informasi dan teknologi suatu perusahaan, misalnya perbankan, membutuhkan individu yang menguasai ilmu komputer.

Lulusan program studi ilmu komputer begitu diperhitungkan di Amerika Serikat. Profesi di bidang komputer masuk dalam 13 jurusan berprospek mendapatkan penghasilan tinggi. Penghasilan 56.600 dolar Amerika atau setara Rp479 juta bisa diraih karyawan baru dalam setahun.

Jurusan kedokteran yang paling favorit di Indonesia, ternyata tidak masuk dalam daftar ini. Teknik Perminyakan menempati urutan atas. Lulusan dengan pengalaman kerja dua tahun atau pemula rata-rata dibayar setara dengan Rp829 juta pertahun. Sementara yang sudah pegalaman selama 15 tahun atau karier menengah bisa berpenghasilan Rp1,3 miliar per-tahun.
Di urutan dua ada Teknik Kimia. Untuk pemula saja lulusan ilmu ini bisa dibayar Rp546 juta pertahun, sementara karier menengah dibayar 109 ribu dolar Amerika atau Rp922 juta pertahun.

Selanjutnya ada Teknik Elektro. Untuk tenaga pemula bisa dibayar 61.300 dolar Amerika atau Rp519 juta pertahun. Ssementara karier menengah dibayar 103 ribu dolar atau Rp872 juta pertahun.

Material Science pemula dibayar 60.400 dolar Amerika atau Rp511 juta pertahun, sementara karier menengah dibayar Rp872 juta pertahun.

Teknik Penerbangan. Untuk tenaga pemula dibayar 60.700 dolar Amerika atau Rp514 juta pertahun, sementara karier menengah dibayar Rp863 juta.

Teknik komputer pemula dibayar 61.800 dolar Amerika atau Rp523 juta pertahun, sementara karier menengah bisa dibayar Rp855 juta pertahun.

Ilmu Fisika pemula dibayar Rp421 juta pertahun, sementara karier menengah dibayar Rp855 juta pertahun.

Jurusan Matematika Terapan pemula bisa dibayar Rp445 juta pertahun, sementara karier menengah Rp835 juta pertahun.

Ilmu Komputer pemula dibayar Rp479 juta pertahun, sementara karier menengah dibayar Rp829 juta pertahun.

Peringkat sepuluh ada Teknik Nuklir. Untuk pemula dibayar 65.100 dolar Amerika atau Rp551 juta pertahun, sementara karier menengah bisa dibayar 97.800 dolar Amerika atau Rp828 juta pertahun.

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...