Kapal pesiar Royal International Caribbean Allure sekarang menduduki posisi teratas sebagai kapal pesiar terbesar di dunia. Mengantikan posisi adiknya Oasis of the Seas, yang sebelumnya menjadi kapal pesiar terbesar.
Ukuran Royal International Caribbean Allure hampir 4x lapangan football, 1.187 meter. Biaya pembuatan Royal International Caribbean Allure sekitar 1.5 milyar dollar, dibangun oleh perusahaan kapal Finlandia. Berat kotor kapal ini sekitar 225.282 ton. Beratnya lebih kecil dari kapal induk nuklir Nimitz.
Bagaimana kapal sebesar itu bisa mengambang. Insinyur pembuatnya mengatakan ada bagian ruang bawah yang berisi air. Agar kapal tetap stabil. Kapal harus dibuat lebih lebar sampai 66 meter dan 9 meter bagian bawah berada dibawah air .  Karena besar, kapal ini tidak bisa melintasi kanal Panama, karena lebar kanal Panama hanya 32 meter.
Royal International Caribbean’s Allure of the Seas
Ruang dalam kapal, mampu menampung 6296 tamu. Lengkap dengan hiburan , kamar hotel dan lainnya. Satu dek dibuat khusus bertingkat seperti melihat sebuah mall kecil di dalam kapal. Ada sebuah dek yang khusus untuk hiburan, dari bioskop dan 2 lantai dansa dengan daya tampung 1.380 kursi. Dan masih banyak lagi sarana dikapal tersebut.
Untuk kemudahan bagi penumpang, dibuat pelabuhan khusus bagi penumpang yang akan naik dan turun. Di bangun di Lauderdale pada tahun 2009, seluas 5.5 hektar dan ukuran terminal sebesar 240 ribu meter persegi. Pelabuhan tersebut hanya digunakan oleh kedua kapal pesiar terbesar tersebut.
Bila negara kita memiliki 5 kapal seperti ini, penumpang tidak perlu berebut lagi untuk melakukan perjalanan atau mengunakan kapal laut untuk menyeberang antar pulau.
www.royalcaribbean.com

http://obengplus.com