UNIK

Translate

Pentagon Bikin 'Cacing' yang Bisa Jadi Pengintai


Headline 
Washington - Para ilmuwan Amerika Serikat menciptakan sebuah robot yang meniru gerakan cacing dan dapat digunakan untuk kepentingan militer seperti pengintaian.
Teknik itu memungkinkan dibuatnya mesin dari bahan lunak yang bisa menyusup melalui ruangan sempit dan menyesuaikan bentuk tubuh saat melalui permukaan kasar. Robot itu juga bisa menerima benturan keras tanpa kerusakan fisik.
Dilansir oleh BBC, proyek robot cacing ini didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) yang merupakan unit riset milik Departemen pertahanan AS atau Pentagon. Tampaknya proyek ini berpotensi digunakan untuk kepentingan militer.
Robot ini dibuat oleh peneliti Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University, yang bekerjasama dengan Seoul National University. Korea Selatan. Detail penelitian dipublikasikan di jurnal IEEE/ASETransactions on Mechatronics.
"Tubuh yang lunak sangat sesuai, menunjukkan tekanan besar dan memungkinkan robot memasuki lubang kecil dan menyesuaikan bentuk tubuh serta bertahan dari dampak keras jika terjatuh," tulis para ilmuwan.
Mereka menambahkan bahwa menggunakan gerakan seperti cacing membantu mengurangi suara yang biasanya dihasilkan oleh mesin dan membuat robot cacing itu cocok untuk kegiatan pengintaian.
Robot cacing ini juga diklaim akan tetap berfungsi dengan baik bahkan jika dipukul dengan palu dan diseret karena bentuknya dapat menahan efek benturan.teknologi.inilah.com

GABUNG Halaman Facebook saya 
Info Menarik KKK Blogger's
Dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...