UNIK

Translate

Beberapa Tempat Wisata Di Klaten JAWA TENGAH


Apa kabar sahabat buzzer semua. Semoga hari hari anda menyenangkan. beberapa hari ini saya tidak posting. Kebetulan kita lagi ada acara di rumah saudara di daerah klaten jawa tengah. Yah sambil silaturrahim dan berlibur, ga ada salahnya kita jalan jalan rekreasi menikmati wisata di daerah klaten tersebut.
Untuk anda para sahabat buzzer yang kebetulan mampir di daerah klaten dan membutuhkan info tentang tempat tempat wisata di daerah tersebut, berikut adalah beberapa tempat yang mungkin bisa menjadi referensi untuk anda kunjungi:
1. Deles Indah,
Deles Indah merupakan Obyek Wisata yang terletak di lereng kaki gunung Merapi tepatnya sebelah timur ± 25 km dari Kota Klaten, Deles berada di Wilayah Desa Sidorejom Kecamatan Kemalang, dengan ketinggian antara 800 m – 1300 m diatas permukaan laut Deles mempunyai potensi spesifik suasana pemandangan alam pegunungan. Dari obyek wisata deles dapat dilihat pemandangan puncak Merapi dengan nyata, pemandangan kota Klaten yang dihiasi dengan cerobong Perusahaan Gula gondang Baru & PG Ceper Baru dengan berselendangkan Rowo Jombor dengan Jajaran Gunung Kapurnya merupakan Panorama yang Indah.
GAPURA PINTU MASUK NDELES
GUNUNG MERAPI DILIHAT DARI NDELES

2. Sendang Kali Reno ( Deles Kemalang ) 
Sendang Kalireno mempunyai warna air yang berwarna-warni

3. Sendang Tretes ( Ngreden Wonosari )
Daerah terletak di Desa Ngraden, Kecamatan Wonosari Jarak dari kota Klaten sekitar ± 15 km Luas sendang 400 m2 Kedalaman rata rata 2 m,
Di daerah ini terdapat makam Ki Ageng Perwito, putera Syech Alim Akbar III yang bergelar Sultan Trenggono ( Raja Demak Bintoro ) yang merupakan senopati perang dari Kerajaan Pajang. Semasa hidupnya beliau mandi dan sesuci di Sendang Tretes ini yang terletak tidak jauh dari makamnya saat ini . Makam Ki Ageng Perwito banyak dikunjungi peziarah khususnya pada malam Jumat Wage.

Gambar Sendang Tretes ( Ngreden Wonosari )

4. Sendang Nglebak (Desa Krakitan Kecamatan Bayat)
Sendang Lebak sampai pada saat ini airnya masih digunakan untuk memandikan ibu yang hamil pada bulan ke tujuh yang dipercaya untuk tujuan keselamatan bayi yang dikandung. Sedangkan Sumur Panguripan yang berada di sebelahnya pada jaman dahulu airnya dipercayai dapat menyembuhkan orang yang sakit ingatan (gila)
Gambar.Sendang Nglebak

5. Umbul Buto ( Kedungan Pedan )
Umbul Buto yang terletak tidak jauh dari Umbul Tirtomoyo dahulu juga dipenuhi air yang bersih namun pada saat ini volume air sangat terbatas, dahulu digunakan untuk mandi dan berenang, namun sekarang airnya berkurang sangat aktivitas yang dilakukan hanya sekedar untuk berteduh dan bersantai.
Gambar Umbul Buto ( Kedungan Pedan )

6. Rowo Jombor ( jimbung )
Rowo jombor terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat dengan latar belakang pegunungan yang indah (deretan/barisan pegunungan kapur selatan yang membentang dari barat ke timur, Memancing, bersantai, berkendaraan keliling rawa untuk menikmati pemandangan. Jarak ± 8 km kea rah tenggara dari kota Klaten Luas Kawasan 198 ha Panjang Tanggul 7,5 km Lebar Tanggul 12 m Kedalam 4,5 m Daya Tampung Air 4.000.000 m3 Menurut cerita penduduk sejak dahulu kala ( tidak di sebut tanggal dan tahunnya) ada upacara getekan di Rowo Jombor tersebut yang bertepatan dengan upacara Syawalan di Sendang Bulus Jimbung dan sampai sekarang banyak di kunjungi oleh wisatawan. Prasarana jalan menuju Obyek Wisata Rowo Jombor dapat dicapai : – Klaten Bentogantungan Puslatpur Jimbung Rowo Jombor; – Stasiun Kotya Klaten Buntalan Jimbung Rowo Jombor; – Terminal Colt Karangwuni Pedan Cawas Bayat Rowo Jombor Kondisi jalan cukup baik, beraspal sampai tujuan. emandangan alam Rowo Jombor , makan (menikmati hidangan menu ikan goreng/bakar, dll).
Gambar Rowo Jombor ( jimbung )

7. Sendang Bulus Jimbung
Sendang Bulus Jimbung, yang di dalamnya dipercayai terdapat seekor bulus putih yang keluar pada saat-saat tertentu dan dijadikan tempat melakukan ritual dengan maksud-maksud tertentu. Banyak pengunjung yang berasal dari luar daerah.aktifitas Kegiatan ritual (semedi, doa)
Gambar Sendang Bulus Jimbung

8. Taman Rekreasi anak anak di Bukit Sidoguro
Gambar Taman Rekreasi anak anak di Bukit Sidoguro

9. Gua Kendil dan Gua Payung ( Krakitan Bayat )
Goa Kendil dan Goa Payung yang berada di komplek Bukit Sidagora. aktivitasMelihat goa, bersantai, berfoto, mengamati situasi goa.

Gambar Gua Kendil dan Gua Payung ( Krakitan Bayat )

10.Bukit Petung ( Sidorejo Kemalang)
Bukit Petung yang terletak di lereng Gunung Merapi., cocok untuk kegiatanTrekking, melihat panorama alam, berfoto, melakukan petualangan alam
Gambar Bukit Petung ( Sidorejo Kemalang)

11.Umbul Gedaren ( Kel jatinom Kec jatinom )
Umbul Gedaren terdiri atas Umbul Jaler dan Umbul Estri yang pada saat ini digunakan sebagai tempat mandi dan mencuci bagi penduduk setempat.
Umbul Gedaren ( Kel jatinom Kec jatinom )


12.Gua Suran ( Kel jatinom Kec jatinom )
Goa Suran yang diyakini merupakan goa tempat Ki Ageng Gribig mengajar/mendidikdan memberikan wejangan kepada Sultan Agung. Dinamakan Suran karena di dekat goa tersebut terdapat air melimpah (sur-suran) dari atas goa yang diyakini berasal dari rumah Ki Ageng Gribig di Masjid Alit yang dibawa dari Mekah
Gambar Gua Suran ( Kel jatinom Kec jatinom )

13.Pemandian Lumban Tirto
Pemandian Lumban Tirto, Terletak di Desa Daleman, Kecamatan Tulung Jarak dari kota Klaten ± 17km Luas 25m x 8m = 200m2 Luas kawasan 700m2 Kedalaman rata rata 1,5m Fungsi sebagai kolam renang Disebelah barat laut lokasi pemandian Lumban Tirto tersebut terdapat Umbul Ingas dengan pemandangan panorama yang bagus, disini sumber air ini digunakan untuk air minum Kraton Surakarta Hadiningrat atas prakarsa Paku Buwono X hingga sekarang
Gambar Pemandian Lumban Tirto

14.Pemandian Jolotundo
Pemandian Jolotundo, Terletak di Desa Jambeyan, Kecamatan Karanganom Jarak dari kota Klaten ± 8 km Luas 11m x 20m = 220m2 Luas kawasan 500m2 Kedalaman rata rata 2 m Fungsi sebagai tempat permandian
Gambar Pemandian Jolotundo

15.Pemandian ponggok

16.Umbul Tirto Mulyono dan Tirto Mulyani ( Pluneng Kebonarum )
Gambar Umbul Tirto Mulyani
Letaknya di Desa Pluneng Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten Pemandian (Kolam Renang) Tirtomulyono yang merupakan pemandian dengan sumber air alam yang besar yang dahulu digunakan untuk mandi para putera (laki-laki).

Gambar Umbul Tirto Mulyani
Letaknya di Desa Pluneng Kec. Kebonarum, Kabupaten Klaten Pemandian (Kolam Renang) Tirtomulyani yang terletak tidak jauh dari pemandian Tirto Mulyono yang dahulu digunakan untuk mandi para puteri (perempuan).

17.Sendang Klampeyan
Sendang Klampeyan yang juga diartikan sebagai penanda “sampeyan kalah”. Sendang tersebut diyakini merupakan sendang tempat Ki Ageng Gribig mengalahkan seorang tamu (alim ulama) dari negeri Arab yang bernama Syech Ibrahim, Kegiatan ritual (ziarah).

Gambar Sendang Klampeyan

18. Sendang Gotan
Gambar Sendang Gotan

19.Sendang Riyo Manggolo
Sendang Riyomenggolo. Konon menurut cerita Pangeran Riyomenggolo adalah tokoh yang dikenal memiliki kesaktian yang ampuh dan merupakan menantu dari Panembahan Romo. Sendang Riyomenggolo dahulu digunakan untuk memandikan Pangeran Riyomenggolo agar kesaktiannya luntur dan dapat dibunuh oleh ayahnya, Melihat sendang, berfoto
Gambar Sendang Riyo Manggolo

20.Sendang Maerokoco
Sendang Maerokoco yang terdapat di pekarangan yang luas milik penduduk setempat (Bp. Pur/Mbah Pur). Dahulu banyak dikunjungi para peziarah untuk berbagai maksud dan tujuan, namun pada saat ini kondisinya tidak terawat, Ziarah dan kegiatan ritual lainnya.
Gambar Sendang Maerokoco

21 Sendang Sinongko ( Pokak Ceper )
Terdapat dua sendang, yakni Sendang “Jaler” dan Sendang “Estri”. Di samping merupakan ODTW alam juga merupakan ODTW ziarah dan sebagai tempat mengadakan syukuran Bersih Desa setiap bulan Agustus pada hari Jumat Wage dengan menyembelih kambing.


Gambar Sendang Sinongko

22.Sendang Belik gatak ( Jimus Polanharjo )
Konon Asal mula Sendang Belik Gatok berasal dari Kyai Jamus yang menancapkan tongkatnya sehingga keluar air yang dipergunakan untuk wudhu. Tempat ini pernah ramai pada tahun 1980 sebagai tempat untuk mandi dan ziarah yang dipercaya masyarakat untuk berobat serta meminta keturunan, Mandi.
Gambar Sendang Belik gatak

23.Umbul Tirtomoyo (Ds. Kedungan Kec. Pedan)
Umbul Tirtomoyo yang terdapat di bawah pohon yang rindang, yang dahulu airnya sangat jernih dan berlimpah, namun pada saat ini airnya berkurang secara signifikan dan berwarna hitam (kotor). Di pinggir dibangun undak-undakan yang dahulu digunakan untuk memberikan fasilitas kepada para pengunjung (orang-orang yang mandi) di umbul tersebut. Umbul tersebut juga pernah digunakan oleh penduduk setempat untuk membudidayakan ikan namun akhirnya tidak berhasil.



24. Gunung Watu Prahu (Dk. Girisono Ds. Gunung Gajah Kec. Bayat)
Watu Prahu (sebuah batu yang berbentuk seperti perahu terbalik) dengan ukuran panjang sekitar lima meter dan lebar 1,5 meter yang terdapat di pinggir jalan (arah dari dan ke Desa Watu Gajah) di tengah hutan di daerah perbukitan.

25.Taman Bambu Cendani (Ds. Sidorejo Kec. Kemalang)
Taman Bambu Cendani yang terletak di lereng Gunung Merapi yang dapat diakses melalui pintu gerbang kawasan wisata Deles Indah tapi keberadaannya kini telah berbeda jauh setelah pasca erupsi merapi 2011

26.Goa Jepang (Desa Sidorejo Kecamatan Kemalang)
Goa Jepang yang terletak di lereng Gunung Merapi yang dapat diakses melalui pintu gerbang kawasan wisata Deles Indah, Penjelajahan alam, trekking, mengamati goa, berfoto, outbound.
keberadaannya kini telah berbeda jauh setelah pasca erupsi merapi 2011

27. Goa Jetis (Kelurahan Jatinom Kec. Jatinom)
Goa Jetis yang terletak di kawasan makam Ki Ageng Gribig diyakini dulu merupakan tempat untuk menyusun kekuatan laskar Ki Ageng Gribig melawan Belanda yang diketuai oleh Ki Ageng Guntur Geni, Kegiatan ritual (ziarah).

28. Umbul Susuhan (Desa Manjungan Kec. Ngawen)



Umbul Susuhan yang pada saat ini airnya masih melimpah dan digunakan sebagai tempat mandi dan mencuci bagi warga masyarakat setempat. Aktivitas masyarakat setempat adalah mandi dan mencuci.

29. Umbul Her Pancuran Sidomulyo (Ds. Soropaten Kec. Karanganom)
Umbul yang dibuat oleh anak-anak muda pada waktu perang kemerdekaan yang pembangunannnya direstui oleh Ki Karsorejo. Ki Karsorejo merupakan pejuang kemerdekaan yang mempunyai nama kecil Jumadikun dan menjadi tokoh spiritual yang dihormati.

sumber


GABUNG Halaman Facebook saya Kokeykhia.com ,dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...