UNIK

Translate

Alquran terbesar dunia berada di bekas bumi komunis

Alquran terbesar dunia berada di bekas bumi komunis

Siapa menyangka, Alquran terbesar di dunia ada di negara bekas komunis. Alquran terbesar di dunia tepatnya terdapat di Republik Tatarstan, Federasi Rusia.

"Kami telah menerima sertifikat Guinness World Record yang mengatakan bahwa Quran kita adalah versi cetak terbesar di dunia," kata anggota majelis Tatarstan, Mintimer Shaimiyev kepada zeenews.india.com, belum lama ini.

Tujuan utama pembuatan Alquran raksasa itu semata-mata untuk menghormati Islam, sebagai agama turun-temurun yang mengusung nilai kemuliaan untuk Muslimin Tatarstan.

Alquran seberat 800 kilogram itu dibuat di Italia, dengan menggunakan kertas khusus yang didatangkan langsung dari Skotlandia. Secara detail, berat kertas per lembarnya mencapai 250 gram, sedangkan untuk sampulnya mencapai 120 kg dengan hiasan berbagai macam batu permata sehingga untuk membukanya, diperlukan bantuan lebih dari empat orang.

Adapun lebar Alquran mencapai 1,5 meter, panjang 2 meter, dan tebal 25 meter. Jika posisi terbuka, panjang Alquran bisa mencapai 3 meter.

Karena keistimewaan tersebut, Guinness World Record mencatatnya sebagai kitab suci terbesar di dunia terhitung tanggal 21 Mei 2012. Saat ini Alquran raksasa disimpan dalam gedung memorial Muslim di Kota Bulgar, Tatarstan. Sekaligus untuk memperingati 1.090 tahun masuknya Islam menjadi agama resmi di wilayah Bulgar.http://www.merdeka.com

GABUNG Halaman Facebook saya 
Info Menarik KKK Blogger's
Dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...