UNIK

Translate

Awas! Produk Antibakteri Sebabkan Alergi Pada Anak


Awas! Produk Antibakteri Sebabkan Alergi Pada Anak
Niat hati ingin selalu melindungi anak-anak dari berbagai jenis kuman dengan produk kesehatan yang mengandung bahan antibakteri. Namun, penelitian baru menunjukkan bahan kimia pada produk antibakteri malah bisa membuat anak-anak berisiko lebih besar alergi.
Temuan terbaru ini hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Johns Hopkins Children's Center.  Pada dasarnya, para peneliti menemukan hubungan antara anak-anak yang terpapar bahan antibakteri melalui pasta gigi, obat kumur, sabun, dan produk perawatan pribadi dengan risiko alergi. Namun, para peneliti tidak menunjuk langsung apa bahan antibakteri penyebab alergi tersebut.
Penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Johns Hopkins ini melibatkan 860 anak usia 6 -1 8 tahun. Di sini peneliti melihat hubungan antara jumlah produk antibakteri dan pengawet dari produk perawatan pribadi yang ditemukan dalam urin anak-anak dengan kadar antibodi IgE. Antibodi IgE adalah bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk merespon adanya iritasi (alergen).
Peneliti memfokuskan pada 7 bahan yang diketahui mempengaruhi fungsi endokrin pada hewan seperti triclosan, Bisphenol-A (BPA), benzonfenon-3 serta propil, metil,  butil, dan etil paraben. Triclosan, propil parabel dan butil paraben adalah bahan kimia yang berkatian dengan peningkatan risiko alergi pada anak, dan ketiganya bersifat antibakteri.
Hasil penelitian ini menemukan triklosan dalam sabun, pasta gigi, dan obat kumur, juga berbagai jenis parabel digunakan dalam makanan, obat, dan kosmetil. Selain itu, peneliti juga menemukan sejumlah fakta, yaitu:
* Anak yang memiliki tingkat tertinggi triklosan dalam urine juga memiliki tingkat antibodi IgE terbesar dari makanan.
* Dibandingkan dengan anak-anak yang memiliki tingkat rendah triklosan, anak-anak yang memiliki tingkat tertinggi triclosan dua kali lipat berisiko alergi lingkungan.
* Anak yang memiliki tingat tertinggi paraben paling mungkin memiliki tingkat lebih tinggi antibodi IgE terhadap serbuk sari, hewan peliharaan, dan alergen lingkungan lainnya.
* Anak yang memiliki tingkat tertinggi propil parabel dua kali lipat berisiko alergi lingkungan.
   
* Tingginya tingkat paraben dalam urin tidak berhubungan dengan peningkatan risiko alergi makanan.
Temuan ini menyoroti bahan antibakteri dari produk perawatan pribadi yang ternyata memiliki dampak pada sisitem kekebalan tubuh anak, demikian dijelaskan peneliti senior Corinne Keet, MD., MS., seorang ahli alergi di Johns Hopkins Children's Center, seperti dikutip emaxhealth.
Meskipun orangtua ingin anaknya aman dari berbagai jenis infeksi, ternyata tindakan pencegahan dapat menyebabkan kerusakan. Hal ini disebabkan peningkatan risiko alergi ketika anak-anak menggunakan produk seperti sabun dan pasta gigi yang mengandung bahan antibakteri.
GABUNG Halaman Facebook saya Kokeykhia.com ,dengan mengklik Tombol SUKA dibawah ini

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...