UNIK

Translate

Tips Mengatasi File ISO



Ini masalah yang sering ditanyakan di blog saya.
Q : Filenya ISO, cara installnya gimana nich...??
A : Sebelumnya kita harus mengetahui apa itu ISO/BIN/NRG/MDS.. mereka merupakan salah satu format Disk CD/DVD Image.



Yang saya singgung di sini lebih ke file ISO, karena ISO Salah satu jenis file yang paling umum digunakan dalam distribusi perangkat lunak melalui Internet. Ini berisi file tunggal dalam sebuah salinan persis (IMAGE) dari seluruh CD atau DVD disk bahkan sekarang isunya sudah bisa sampai Bluray. Format seperti itu sengaja dibuat karena untuk memudahkan setiap orang untuk mendistribusikan file dari banyak file menjadi satu file.


Coba Anda bayangkan seandainya dalam Game/Software, di-sharing-kan ke Internet dengan bentuk file yang sudah diambrak, saya rasa itu akan menyulitkan, kalau filenya 10 atau kurang dari itu mungkin tidak menjadi masalah, tapi kalau filenya itu ribuan, bahkan jutaan bagaimana?? pasti menyulitkan ya.. betul tidak.. . Dengan adanya format ISO, itu dirasa lebih ideal daripada memiliki ratusan atau ribuan, bahkan jutaan file, dengan format ISO itu menjadi solusi, Anda hanya memiliki satu file saja, cukup mudah bukan


Q : Lalu bagaimana dengan format lainya seperti BIN/NRG/MDS ?
A : Hehehe gak usah bingung itu sama saja dengan ISO, hanya beda sedikit aja.., hanya beda Header dari file tersebut, tapi intinya sama dengan ISO.
Q : Header apan gan??
A : Header inti dari sebuah ekstension dari sebuah file, seperti format gambar, BMP dan JPEG, kedua file tersebut sama-sama file gambar, namum perbedaannya hanya pada Header dari file tersebut.


Q : Lalu dengan file tersebut, apa yang saya harus lakukan agar bisa meng-install game/software, dengan sebagai mana mestinya ?
A : Yang Anda harus lakukan adalah me-mounting-kan file tersebut dengan program pe-mounting CD/DVD Image.
Q : Mounting apaan gan?? setahu ane "Mount (b.Inggris)" artinya "Gunung"
A : wkwkwkkwwk yang di maksud Mount di sini merupakan istilah umum yang dipake untuk format virtual drive, tapi tidak mesti untuk virtual drive aja. Mount(ing) istilah umum untuk "memasang (b.inggris 'verb')" suatu filesystem agar bisa dibaca oleh sistem operasi.
Q : Ohhh... tapi gan ada istilah lagi Dismounting apaan tu gan??
A : Dismount(ing) ya kebalikannya.
Q : Ohh.. gitu gan.. sip, oiya... cara mounting pake program apaan gan??
A : Umumnya orang memakai program DaemonTool (kalo mau download, http://www.daemon-tools.cc/eng/downloads). Tetapi saya gak pake program tersebut, saya lebih memilih program MAGICDISC (kalo mau download, http://www.magiciso.com/tutorials/miso-magicdisc-overview.htm), mengapa demikian? pertama program itu FREEWARE, kedua dukungannya banyak, baik format ISO/NRG/BIN atau yang lain, ketiga installasinya mudah userfriendly lah... sakali install langsung jalan gak perlu restart (INI PLUSNYA!).
Q : Okey gan sip dah,, langsung aja kita praktek, jangan kebanyakan ngemeng hehehe
A : Okey.. ayo Praktek..!!


Seperti yang saya singgung dari dialog di atas, sebelumnya Anda harus mempunya program pe-mounting CD/DVD Image, ya.. yang saya pake MagicDisc. Kalo belum punya download dulu.. http://www.magiciso.com/tutorials/miso-magicdisc-overview.htm


Kalau sudah, coba Anda ikuti langkah berikut.
  1. Mount dengan Magicdisc, file berformat ISO/NRG/BIN, dll. Saya ambil contoh seperti cara Install Diablo II (http://thashzone.blogspot.com/2010/09/diablo-ii-full-include-crack-diablo-ii.html), Anda klik di Icon yang bergambar CD di trayicon
  2. Kalau sudah di-Mount-kan maka MagicDisc akan membentuk sebuah Drive IMAGE baru, berupa CD/DVD Drive Image. Contoh di sini Drive G:\ menjadi Drive CD/DVD Image.
    Kan kalo sudah begini jadi gampang, jadi seakan-akan Anda memiliki CD/DVD ROM lagi. Dengan begitu Anda bisa..Langsung deh.. install game/software.. horeee \/
  3. Jika Sudah selesai, sekarang tinggal me-dismounting-kan CD/DVD Image Anda




Q : Gan.. denger-denger katanya file MDS/MDF katanya format Image Standard dari DeamonTools ya..? kalo iya.. kenapa agan gak pake DeamonTool aja.. kan Magicdisc gak bisa baca MDS/MDF
A : Memang betul MDS/MDF format Image Standard dari DeamonTools dan Magicdisc gak bisa membaca format MDS/MDF. Perlu diketahui sebenarnya MDS/MDF itu sebenarnya file BIN yang diubah hanya extensionnya aja, sedangkan Header asli dari file tersebut sebenarnya BIN. Jadi kesimpulannya ganti aja ekstensionnya, misalnya file "GameKeren.mds" Anda rename menjadi "GameKeren.bin".
Q : Gan.. ane udah me-rename dari MDS ke BIN, kok di Magicdisc masih tetep gak kebaca ya?? kenapa tuh gan
A : Ada beberapa file MDS/BIN ya.. memang jarang sekali.. yang tidak kebaca di MagicDisc dikarenakan file tersebut di buat dengan DeamonTool. Untuk menghindari tersebut, sebaiknya Anda Convert dulu dari BIN ke ISO dengan program MagicISO, kalo gak punya silahkan (Download http://thashzone.blogspot.com/2010/09/magiciso-55-build-281.html )
Q : Gimana Cara Convert-nya gan?
A : Ikuti langkah berikut.


  1. Pertama Rename dulu file MDS/MDF Anda menjadi ISO, contoh "file sembarangan.mds" menjadi "file sembarangan.bin"

  2. Kemudian buka, program MagicISO Anda, dan klik Tools-->Convert
  3. Masukan file BIN Anda, dan klik Convert


File yang sudah di-convert-kan dari BIN ke ISO, hasilnya seperti berikut, dan biasanya ukuran ISO lebih kecil dari BIN.




OKEY SELESAI... MUDAH-MUDAHAN BERGUNA

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...