UNIK

Translate

Membuat Gedung Dari Botol Plastik Bekas


Membuat Gedung dari plastik bekas?
Kedengarannya memang mustahil..
Tapi di tangan Arthur Huang, seorang arsitek muda, hal ini bisa terwujud..
Pada bulan Mei 2010, Arthur Huang dan timnya, membangun sebuah gedung dengan bahan plastik yang mereka sebut dengan Eco ARK..
Berikut diagram pola kerja dari Eco ARK :




1. Recycle
Proses pengumpulan botol2 plastik bekas, dan dikumpulkan di sebuah lokasi daur ulang.
2. Remould
Proses pembentukan kembali botol plastik hasil daur ulang menjadi bentuk  standard, agar bisa disusun dengan rapi dan membentuk suatu pola yang solid.
3. Assemble
Proses penyusunan botol yang bentuknya sudah standard, sehingga menjadi sebuah pola solid yang bisa disusun menjadi sebuah dinding yang kokoh.
4. Modularize
Botol yang sudah disusun solid, kemudian dilapisi dengan bahan penguat, sehingga plastik sebagai bahan utama terlindungi dan anti api.
5. Build
Bahan yang sudah jadi, kemudian disusun dan jadilah sebuah gedung mewah yang diklaim sebagai gedung yang tahan gempa, badai dan kebakaran sekalipun.
Setelah mempelajari pola kerjanya, sekarang mari kita melihat bentuk asli dari pembuatan gedung dengan bahan utama botol plastik bekas ini…
Botol-botol ini disusun sehingga bisa digunakan untuk dinding yang cukup solid.


 Satu pola persegi botol, diuji coba dengan cara diinjak untuk memastikan ketahanannya terhadap tekanan.

 
Setelah sudah pasti kuat, pola dipasang satu per satu ke struktur dasar bangunan, dan hasilnya adalah seperti gambar di atas.
Dan akhirnya, sebuah gedung mewah ramah lingkungan pun berhasil dibangun. Biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan gedung ini, hanya setengah dari gedung mewah sejenis yang terbuat dari kaca.
Total botol plastik yang digunakan dalam project ini adalah 1.5 juta botol. Dan tentunya, hal ini sangat membantu dalam menghemat biaya, sekaligus menjaga kebersihan kota dari sampah2 botol plastik yang sulit dimusnahkan…


Di malam hari, gedung botol daur ulang ini pun terlihat indah..



gedung botol malam hari
Semoga sampah2 seperti ini yang beredar di negri kita tercinta,  bisa kita manfaatkan untuk hal positif seperti ini juga..amiien..


Demikian sekilas tentang membuat gedung dari botol plastik
sumber

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...