UNIK

Translate

Inilah Gaji Pemadam Kebakaran Di Indonesia


Bekerja sebagai pemadam kebakaran tentu memiliki risiko tinggi. Nyawa bahkan setiap hari menjadi taruhannya. Dengan risiko demikian tinggi, berapa penghasilan mereka?

Saat ini, petugas pemadam kebakaran adalah bagian dari Pemerintahan Provinsi dan Kabupaten/Kota. Mereka bernaung di bawah pemerintahan kota dengan nama Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana.

Status kepegawaian mereka juga seperti Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jenjang karir dan tingkat kepangkatannya pun menyesuaikan dengan jabatan PNS di Dinas lainnya.

"Saya sudah 37 tahun bekerja. Dulu waktu pertama jadi pemadam, tahun 1975 gaji saya cuma Rp 7.200, sekarang gaji Rp 3.600.000," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Achmad Lamping,

Saat ini, Achmad menyandang golongan 3C. Sebagai kepala suku dinas, dia juga mendapat tunjangan selain gaji. "Tunjangannya bisa Rp 5 jutaan," imbuhnya.

"Saya memang masuk jadi pemadam dulu buat cari makan. Ngelamar sana-sini, dapatnya di pemadam kebakaran. Ternyata lebih cocok di sini," terang pria berusia 55 tahun ini.

Menurut Achmad, gaji itu baginya sudah cukup. Selama dia bisa menafkahi keluarga dan mengabdi pada masyarakat, itu sudah membuatnya puas.

"Karena itu jangan kita meminta-minta lagi karena sudah dibayar oleh pemerintah," pesannya.

Yosie Anita, petugas pemadam kebakaran kota Padang juga mendapat gaji sesuai kepangkatannya. Namun sebagai petugas lapangan, dia juga mendapat uang kejadian, yaitu uang yang dibayarkan ketika si petugas terlibat ke TKP.

"Uang itu dibayar bulanan. Lumayan cukuplah Mas untuk hidup," tutur Yosie.

Bagaimana gaji pemadam kebakaran di luar negeri? Tentu saja berbeda. Selain karena kurs, profesi pemadam kebakaran di beberapa negara adalah pekerjaan dengan bayaran cukup tinggi. Mereka dilatih secara profesional dan fasilitas yang sangat mumpuni.

Sebagai gambaran, gaji pemadam kebakaran di kota Los Angeles, Amerika Serikat. Rata-rata pendapatan mereka berdasarkan situs salary.com, adalah US$45,915 per tahun atau sekitar Rp 413.235.000., menurut keterangan yang ane dapet, 3C itu pangkat tertinggi

http://www.memobee.com/

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...