UNIK

Translate

Cara Merubah Lebar Halaman Posting di Blogger (kelas pemula)


Meskipun sudah menemukan template yang dinginkan, baik template bawaan blogspot maupun  dari pihak ketiga, bukan berarti segalanya sudah beres. Kadang soal ukuran juga ikut menjadi masalah. Misalnya lebar halaman posting terlalu lebar atau terlalu kecil, sehingga kurang mendukung untuk tampilan tulisan. Untuk mengatasinya tidak perlu terus bergerilya mencari template yang bisa menampung semua selera kita. Di samping memboroskan waktu dan melelahkan, template idaman itu biasanya juga jarang ketemu (seperti yang saya alami). Jika mau memahami sedikit bahasa kodenya, kita bisa merubah ukurannya berapa pun kita mau. Sebagai contoh anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuklah ke halaman Dasbor anda. Kemudian klik pada Tata Letak.


2. Klik Edit HTML.
3. Carilah kode #main-wrapper { di kotak Edit HTML.

4. Agar lebih mudah tekan (ctrl + f) pada keyboard, sehingga muncul kotak pencarian. Ketiklah script yang akan dicari dan tekan enter. Maka secara otomatis bagian yang dicari akan langsung muncul. Di bawah kode tersebut tampak width: 410px. Artinya lebar halaman posting adalah 410 pixels. Silahkan ganti angkanya sesuai keinginan. Anda bisa uji coba untuk melihat berapa lebar halaman posting yang paling pas untuk blog anda.

5. Setelah selesai jangan lupa klik SIMPAN TEMPLATE. Tunggu hingga proses selesai dan lihatlah hasilnya. Sebagai catatan, jika ukuran yang anda buat terlalu lebar, maka ia bisa mengganggu halaman sidebar (menjadi hilang). Atau jika terlalu kecil, maka akan ada ruang kosong atau jarak antara halaman posting dengan sidebar. Karena itu merubah ukuran halaman posting biasanya juga harus disusul dengan merubah ukuran sidebar.

BACA JUGA YANG INI :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...