Faktor yang Mempengaruhi Orang Beli Mobil Baru

Apa faktor penentu seseorang dalam memilih sebuah kendaraan? Media, brosur atau iklan? Ternyata faktor yang paling menentukan orang memilih kendaraan mereka adalah para sales!

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Maritz Research ketika melakukan penelitian New Vehicle Customer Study ditemukan kalau para tenaga penjual atau sales masih memegang peranan besar dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli dan memilih sebuah kendaraan.

Suara para sales ini terbukti lebih di dengar dibandingkan ulasan media atau pun iklan. Ada 21,89 persen pembeli mobil di Amerika pada 2011 silam yang mengakui kalau perkataan sales memberi dampak besar pada pilihan kendaraan yang mereka beli.

Sementara 18,66 persen pembeli lebih mendengarkan saran dari keluarga atau teman. Media sosial juga dikatakan memiliki pengaruh. Tapi tidak akan sebesar pengaruh yang diberikan oleh seseorang.

"Orang membeli dari orang lain," kata Wakil Presiden dan Konsultan Strategis Maritz Research, Chris Travell di situs resmi Maritz, Selasa (5/6/2012).

"(Media sosial) mendukung upaya penjualan, tapi saya yakin ini akan menjadi suatu kesalahan untuk percaya bahwa media sosial akan merebut hal itu (pengaruh saran seseorang)," tambahnya.

"Apa yang direkomendasikan teman atau keluarga sangat penting. Setiap pabrikan harus memiliki strategi media sosial. Namun kita harus ingat untuk tetap memperhatikan interaksi manusia saat membeli mobil," ujarnya

Mau tahu apa saja yang mempengaruhi seseorang memilih kendaraan? Berikut daftarnya.

• Sales di diler 21,9 persen
• Keluarga, teman dan info mulut ke mulut 18,7 persen
• Paduan belanja 18,4 persen
• Website diler atau pabrikan 8,6 persen
• Website pihak ketiga 6,4 persen
• Ulasan majalah otomotif 6,1 persen
• Iklan TV 4 persen
• Brosur diler atau pabrikan 3,2 persen
• Acara yang disponsori dealer atau pabrikan 2,4 persen 
• Iklan koran 1,7 persen